Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar SUMUT Mobile Banking

Cara Daftar SUMUT Mobile Banking

zonakeuangan.com
- SUMUT Mobile merupakan fitur mobile banking dari Bank Sumut (Sumatera Utara) yang dapat digunakan untuk berbagai transaksi keuangan seperti mengecek saldo rekening, transfer dana, bayar tagihan, beli pulsa, beli tiket kereta / pesawat dan lain-lain.

Fitur mobile banking seperti ini sangat memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi keuangan tanpa harus pergi ke kantor cabang ataupun ATM terlebih lagi dimasa pandemi Covid-19 seperti sekarang. 
Berbagai fitur yang ditawarkan aplikasi SUMUT Mobile antara lain adalah :
  1. Cek Saldo Rekening
  2. Cek Mutasi Rekening
  3. Transfer Dana antar Bank Sumut dan Bank Lain
  4. Bayar Tagihan, seperti : PLN, PDAM, BPJS Kesehatan, TV kabel, dan lain-lain
  5. Bayar Pajak, seperti PBB dan Pajak Kendaraan
  6. Beli Pulsa dan Paket Data
  7. Beli Tiket Kereta Api
  8. Beli Tiket Pesawat Garuda dan Citilink
  9. dll
Selain tidak perlu mengantri di kantor cabang / ATM untuk melakukan transaksi-transaksi diatas, dengan mengaktifkan fitur mobile banking para nasabah juga diberikan berbagai promo seperti cashback jika melakukan transaksi melalui aplikasi SUMUT Mobile.

Cara Daftar atau Aktivasi Aplikasi SUMUT Mobile

Untuk bisa menikmati fitur ini, para nasabah Bank Sumut harus terlebih dahulu mendaftarkan / mengaktifkan nomor handphone yang akan digunakan untuk bertransaksi melalui apps SUMUT Mobile di kantor cabang Bank Sumut. 

Dengan membawa identitas diri seperti KTP serta buku tabungan dan ATM, nomor handphone dan email pribadi yang aktif pergilah ke kantor cabang Bank Sumut, tujulah counter Customer Service untuk meminta pengaktifkan layanan mobile banking. Ikuti saja petunjuk ataupun arahan dari CS untuk tahapan selanjutnya.

Cara Penggunaan Aplikasi Mobile Banking Bank Sumut

1. Nasabah melakukan download aplikasi Sumut Mobile melalui aplikasi Appstore (IOS) dan Playstore (Android) dengan mengetik “SUMUT MOBILE” pada kolom “cari/search” lalu kemudian klik tombol “INSTALL”.

2. Buka aplikasi SUMUT Mobile, selanjutnya pilih "Berikutnya" sampai muncul buat kata sandi, lalu
masukkan kata sandi baru 6 digit angka untuk login ke aplikasi lalu masukkan nomor rekening yang telah didaftar untuk mobile banking dan pilih "Allow".

Buat PIN Mobile Bank Sumut

3. Untuk melakukan transaksi menggunakan Mobile Banking, maka nasabah wajib mengganti koneksi dari SMS menjadi DATA pada menu ”yang dilingkari”.
SUMUT Mobile APK

4. Selanjutnya atur koneksi, Bagi nasabah yang ingin menggunakan Mobile Banking yang terkoneksi dengan jaringan internet untuk pertama kali, pilih koneksi ”DATA”.
APPS SUMUT MOBILE

5. Selanjutnya nasabah akan diminta melakukan aktivasi data dengan wajib memasukan alamat email yang digunakan sebagai konfirmasi bukti transaksi via mobile banking lalu tekan pilihan ”KIRIM” selanjutnya nasabah akan diminta untuk melakukan pengiriman sms registrasi aktivasi ke nomor 14117 dan mendapatkan balasan sms dari ”BANK SUMUT” berupa kode OTP aktivasi.

aktivasi data SUMUT Mobile

6. Masukan kode OTP aktivasi Mobile Banking pada aplikasi SUMUT Mobile selanjutnya tekan pilihan ”KIRIM” untuk melanjutkan transaksi.

7. Transaksi selesai, layanan SUMUT Mobile sudah bisa digunakan.

Cara Daftar Sumut Mobile Tanpa ke Kantor Cabang

  1. Pastikan nomor HP Anda sudah terdaftar di Bank Sumut pada saat awal pembuatan rekening tabungan dan ATM juga sudah dalam keadaan aktif serta berfungsi untuk transaksi
  2. Download aplikasi "Sumut Mobile" di Playstore ataupun Appstore
  3. Buka aplikasi yang sudah di download. Pada tampilan utama klik "Register" yang tertera paling bawah
  4. Isikan data yang dibutuhkan seperti nomor kartu ATM, nomor rekening, nomor HP dan email. Dan pastikan memiliki pulsa minimal Rp 1.000 untuk SMS notifikasi
  5. Setelah semua data sudah terisi dan sudah menerima PIN Sumut Mobile lewat SMS, maka disarankan langsung menukarkan PIN tersebut ke mesin ATM dalam waktu 1x24 jam
  6. Setelah menukarkan PIN dan berhasil maka Sumut Mobile Anda sudah dapat berfungsi dengan baik, silahkan login kembali untuk menggunakan aplikasi. Jika Anda ingin mengubah dari mode SMS ke mode paket data maka jangan lupa klik menu "Lainnya" disudut kanan bawah lalu pilih Aktivasi Data lalu masukkan email Anda. Masukkan kode token yang dikirim lewat SMS, maka dengan otomatis Sumut Mobile sudah dapat berfungsi dengan menggunakan mode paket data.
Jika mengalami kesulitan ataupun masalah pada saat aktifasi mobile banking Bank Sumut, silahkan hubungi Call Center Bank Sumut di nomor 14002 atau (061) 4155100. Demikian informasi singkat bagaimana cara registrasi mobile banking Bank Sumut, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan.

7 komentar untuk "Cara Daftar SUMUT Mobile Banking"

  1. Sudah saya lakukan seperti uraian diatas, tapi saat saya ingin bertransaksi selalu muncul notifikasi "maaf, anda harus change pin dulu" Apa yg hrs dilakukan y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Melihat dari notifikasi yang muncul, Anda diharuskan mengganti PIN yg digunakan untuk transaksi mobile banking terlebih dahulu. Jika kurang jelas bisa memohon bantuan melalui customer service Bank Sumut di nomor 14002 atau (061) 4155100. Terima kasih

      Hapus
  2. Atm saya hilang jadi banking saya tekan blokir... saya udh urus atm baru tp banking tdk bs digunskan tetera bacaan atm di blokir jd saya register buat baru pun tdk bs krn no hp saya terpakai... jd mcm mn cara banking saya aktif lg. Thangs

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena sudah menggunakan ATM baru, silahkan minta bantuan Customer Service Bank Sumut untuk membantu mengaktifkan kembali mbanking Anda

      Hapus
  3. Bisakah daftar no mbaking secara online?

    BalasHapus
  4. Tidak bisa mengirim pesan di 14117

    BalasHapus