Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Altcoin Terpopuler di Tahun 2023

zonakeuangan.com - Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) merilis data terbaru terkait jumlah investor kripto di Indonesia hingga Februari 2023 yang telah mencapai lebih dari 16 juta orang dengan nilai transaksi sebesar Rp 13,8 triliun. Jika dibandingkan dengan investor saham yang hanya 10,3 juta orang, bisa dikatakan investasi di kripto merupakan salah satu instrumen investasi favorit di Indonesia.

Sejak kemunculan Bitcoin pada tahun 2009, telah ada ribuan altcoin yang dibuat dan diperdagangkan di pasar kripto. Beberapa di antaranya menjadi sangat populer dan diterima secara luas, seperti Ethereum, Binance Coin, dan Cardano.

Sebagian besar altcoin dibuat dengan tujuan untuk memecahkan beberapa masalah yang tidak dapat dipecahkan oleh Bitcoin, seperti kecepatan transaksi yang lebih cepat, biaya transaksi yang lebih rendah, dan kemampuan untuk membuat aplikasi terdesentralisasi.  Dan berikut ini adalah beberapa macam altcoin yang populer di market kripto versi zonakeuangan.com

1. PancakeSwap (CAKE)

PancakeSwap adalah protokol decentralized exchange (DEX) yang berjalan di atas blockchain Binance Smart Chain (BSC).  Berikut adalah beberapa fitur utama dari PancakeSwap

Swapping
PancakeSwap memungkinkan pengguna untuk menukar (swap) berbagai jenis token di Binance Smart Chain, termasuk token BEP-20 seperti BNB dan BUSD, serta token yang dibuat oleh pengguna di atas Binance Smart Chain.

Farming
PancakeSwap juga memiliki fitur farming, di mana pengguna dapat mendapatkan token PancakeSwap (CAKE) dan token lainnya dengan menyimpan token mereka di dalam liquidity pool. Liquidity pool adalah tempat penyimpanan token yang digunakan untuk memfasilitasi trading di platform PancakeSwap.

Staking
Selain farming, PancakeSwap juga menyediakan fitur staking, di mana pengguna dapat memperoleh reward dengan menyimpan token CAKE mereka di dalam jaringan PancakeSwap.

Liquidity Provision
PancakeSwap memungkinkan pengguna untuk memasukkan token mereka ke dalam liquidity pool, yang kemudian digunakan untuk memfasilitasi jual beli. Sebagai imbalannya, pengguna menerima fee trading dari pengguna lain yang menggunakan liquidity pool tersebut.
Dengan berbagai fitur diatas menjadikan PancakeSwap menjadi salah satu protokol DEX yang sangat populer di Binance Smart Chain dan memberikan banyak opsi untuk para pengguna dalam melakukan trading, investasi, dan pengelolaan aset kripto mereka.

2. Polygon (MATIC)

Polygon (Matic) adalah platform blockchain yang menyediakan infrastruktur dan jaringan yang memungkinkan aplikasi dan layanan terdesentralisasi (dApps) untuk berjalan lebih cepat dan efisien di atas jaringan Ethereum. 

Polygon (Matic) menjadi pilihan populer bagi para pengembang, investor, dan pengguna yang mencari solusi blockchain yang lebih cepat, efisien, dan mudah digunakan.

3. Decentraland (MANA)

Decentraland adalah platform virtual reality terdesentralisasi yang dibangun di atas blockchain Ethereum. Platform ini memungkinkan pengguna untuk membuat, mengalami, dan memonetisasi konten dan aplikasi 3D di dunia virtual yang terdesentralisasi atau biasa disebut dengan metaverse.

Decentraland menjadi platform yang menarik bagi pengembang, pengguna, dan investor yang mencari solusi virtual reality terdesentralisasi yang aman dan terbuka. Decentraland terus berkembang dan ekosistemnya semakin berkembang, dengan semakin banyak pengembang dan konten yang dibuat di dalam platform tersebut.

Dimana bisa beli altcoin diatas?

Pintu adalah salah satu bursa kripto legal yang telah terdaftar dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo Indonesia yang memungkinkan pengguna untuk membeli dan menjual Bitcoin, Ethereum, Ripple, dan beberapa altcoin lainnya mulai dari Rp 11.000 saja. 

Aplikasi Pintu

Namun, seperti halnya investasi apa pun, investasi di altcoin memiliki risiko lebih tinggi karena pasar cryptocurrency sangat fluktuatif, sehingga selalu riset terlebih dahulu sebelum melakukan investasi di altcoin tertentu.

Posting Komentar untuk "Daftar Altcoin Terpopuler di Tahun 2023"