Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Bandar Sedang Akumulasi Saham

Cara Mengetahui Bandar Sedang Akumulasi Saham

zonakeuangan.com
- Bagaimana cara tahu pergerakan bandar saham? Cara yang paling umum digunakan seorang investor ritel adalah dengan menggunakan analisis Bandarmologi.

Bandarmologi adalah sebuah metode pendekatan yang dapat membantu untuk mengetahui apakah sebuah saham sedang diakumulasi (beli) atau distribusi (jual) oleh seorang market maker. 

Selain dapat mengetahui sebuah saham apakah sedang diakumulasi / distribusi, seorang investor ritel dapat mengetahui berapa harga rata-rata yang dimiliki seorang bandar pada sebuah emiten.

Bandar (market maker) dapat diartikan sebagai siapapun yang memiliki dana besar sehingga dapat menggerakkan pasar. Karena kemampuannya ini, tidak sedikit investor ritel yang mencoba mengekor pergerakan bandar saham supaya bisa profit.
Berikut beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengetahui saham yang sedang diakumulasi bandar :

Broker Summary

Broker summary merupakan rangkuman dari aktivitas perdagangan baik beli maupun jual saham yang dilakukan oleh broker atau sekuritas saham selama jam perdagangan bursa. Adapun data yang diperoleh dengan menggunakan fitur ini adalah kode broker, top buyer, top seller, dan harga rata-rata. Fitur ini biasanya pasti ada di aplikasi sekuritas-sekuritas di Indonesia.

Cara membaca apakah sebuah saham sedang diakumulasi / distribusi menggunakan broker summary adalah dengan memperhatikan jumlah akumulasi top buyer lebih besar daripada top seller. Sebagai contoh, misal saham ABCD total net buy dari top buyer adalah 400 ribu lot, sedangkan net sell dari top seller adalah 200 ribu lot maka dapat dikatakan saham ABCD sedang diakumulasi.
Berikut adalah contoh tampilan dari fitur Broker Summary dari sekuritas IndoPremier (IPOT).

Broker Summary IPOT

Bandar Detector

Jika fitur broker summary pasti ditemui pada aplikasi sekuritas-sekuritas yang ada di Indonesia, untuk fitur bandar detector ini zonakeuangan.com baru menemukan pada PT Stockbit Sekuritas Digital (Stockbit Sekuritas).

Mengutip pada situs Stockbit, bandar detector dapat menjalankan beberapa skenario jika bandar menggunakan 1, 3 atau 5 broker yang berbeda melalui Top 1, Top 3, dan Top 5 broker yang memperlihatkan apakah saham tersebut sedang diakumulasi atau didistribusi oleh market maker melalui volume transaksi perdagangan.

Berikut adalah salah satu contoh saham yang sedang diakumulasi asing dari awal tahun 2022 jika menggunakan fitur Bandar Detector dari Stockbit.

Bandar Detector Stockbit

Informasi lebih lengkap terkait Bandar Detector bisa Anda baca pada laman berikut : Bandar Detector Stockbit
Demikian informasi beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengetahui apakah bandar saham sedang melakukan akumulasi ataupun distribusi sebuah saham. Namun yang perlu diingat, walaupun market maker sedang melakukan akumulasi bukan berarti sebuah saham akan naik harganya.

Ada baiknya analisa bandarmologi juga dibarengi dengan analisa lainnya seperti analisa fundamental dan analisa teknikal untuk memperkuat analisa bandarmologi.

Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui Bandar Sedang Akumulasi Saham"