Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Sekuritas Syariah Terbaik

Daftar Sekuritas Syariah Terbaik

zonakeuangan.com
- Pada artikel berikut ini, zonakeuangan.com akan memberikan informasi tentang daftar sekuritas syariah terbaik di Indonesia. Dengan mengetahui list sekuritas syariah ini diharapkan Anda dapat berinvestasi sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.
Mengutip informasi pada laman resmi OJK, per Desember 2021 ada 123 perusahaan sekuritas yang terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Republik Indonesia. Dan dari 123 perusahaan sekuritas ini, hanya ada 16 perusahaan yang memiliki SOTS (Shariah Online Trading System).

Shariah Online Trading System merupakan sebuah sistem yang dikembangkan oleh perusahaan sekuritas agar setiap transaksi saham baik beli dan jual memenuhi prinsip-prinsip syariah. SOTS disertifikasi oleh DSN-MUI karena merupakan penjabaran dari fatwa DSN-MUI No. 80 tahun 2011 tentang Penerapan Prinsip Syariah Dalam Mekanisme Perdagangan Efek Bersifat Ekuitas Di Pasar Reguler Bursa Efek.

Adapun perbedaan sekuritas syariah dan konvensional adalah setiap transaksi yang dilakukan pada sekuritas syariah harus memenuhi syarat sebagai berikut :
  1. Hanya saham syariah yang dapat ditransaksikan
  2. Transaksi beli saham syariah hanya dapat dilakukan secara tunai (cash-basis transaction) sehingga tidak boleh ada transaksi margin (margin trading)
  3. Tidak dapat melakukan transaksi jual saham syariah yang belum dimiliki (short selling)
  4. Laporan kepemilikan saham syariah dipisah dengan kepemilikan uang sehingga saham syariah yang dimiliki tidak dihitung sebagai modal (uang).

Mengutip pada laman resmi IDX Syariah, berikut ini adalah daftar sekuritas-sekuritas apa saja yang memiliki sistem Shariah Online Trading System atau bisa dikatakan sebagai sekuritas syariah terbaik yang ada di Indonesia :

  1. PT Indo Premier Sekuritas (IPOT Syariah)
  2. PT Mirae Asset Sekuritas (HOTS Syariah)
  3. PT BNI Sekuritas (e-Smart Syariah)
  4. PT Trimegah Sekuritas Tbk. (iTrimegah Syariah)
  5. PT Mandiri Sekuritas (MOST Syariah)
  6. PT Panin Sekuritas Tbk. (POST Syariah)
  7. PT Phintraco Sekuritas (PROFITS Syariah)
  8. PT Sucor Sekuritas (SPOT Syariah)
  9. PT FAC Sekuritas (FAST Syariah)
  10. PT MNC Sekuritas (MNC Trade Syariah)
  11. PT Henan Putihrai Sekuritas (HPX Syariah)
  12. PT Philip Sekuritas Indonesia (POEM Syariah)
  13. PT RHB Sekuritas (RHB Trade Smart Syariah)
  14. PT Samuel Sekuritas (STAR Syariah)
  15. PT Maybank Sekuritas Indonesia (KE Trade Syariah)
  16. PT BRI Danareksa Sekuritas (D'ONE Syariah)

List Saham Syariah

Untuk mengetahui list saham syariah yang terdaftar di BEI bisa menggunakan 2 kode indeks saham syariah yaitu Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) dan Jakarta Islamic Index (JII). Mengutip pengumuman tentang Perubahan Komposisi Saham dalam Penghitungan Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) dengan nomor Peng-00029/BEI.POP/01-2022 terdapat 473 emiten saham syariah.

Demikian informasi terkait daftar perusahaan sekuritas syariah yang terbaik di Indonesia, seluruh informasi yang dimuat pada artikel ini berdasarkan dari informasi yang termuat pada laman resmi OJK dan IDX. Untuk dapat informasi terupdate Anda bisa cek pada url yang zonakeuangan.com lampirkan pada bagian referensi.

Referensi :
  • https://www.ojk.go.id/id/kanal/pasar-modal/data-dan-statistik/data-perusahaan-efek/Pages/Data-Perusahaan-Efek---Desember-2021.aspx
  • https://www.idx.co.id/idx-syariah/transaksi-sesuai-syariah/
  • https://www.idx.co.id/data-pasar/data-saham/indeks-saham/

Posting Komentar untuk "Daftar Sekuritas Syariah Terbaik "