Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Beli ETF di IndoPremier

Cara Beli ETF di IndoPremier

zonakeuangan.com - Pada artikel berikut ini, zonakeuangan.com akan memberikan informasi bagaimana cara membeli ETF (Exchange Traded Fund) melalui sekuritas IndoPremier atau IPOT.

ETF (Exchange Traded Fund) merupakan reksa dana berbentuk kontrak investasi kolektif yang unti penyertaannya diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia. Pada dasarnya ETF adalah reksa dana namun produk ini dapat diperdagangkan seperti saham-saham yang ada di BEI.

ETF sendiri merupakan penggabungan antara unsur reksa dana dalam hal pengelolaan dana dengan mekanisme saham dalam hal transaksi beli maupun jual. Hingga saat ini ada 49 jenis produk ETF yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia
Di Indonesia sendiri tren investasi ETF setiap tahunnya mengalami peningkatan dari segi peningkatan produk ETF, Penerbit (MI), Dealer Partisipan dan juga AUM (Asset Under Management). Hal ini juga didukung juga dengan adanya kemudahan dalam berivestasi, dan keberagaman jenis produk investasi ETF.

Hingga saat ini, ada 8 Dealer Partisipan yang tercatat di BEI yaitu Indopremier Sekuritas, Mandiri Sekuritas, Philip Sekuritas, Bahana Sekuritas, Panin Sekuritas, Mirae Asset Sekuritas, Sinarmas Sekuritas dan Korea Investment & Sekuritas Indonesia.
Berikut adalah beberapa keuntungan jika berinvestasi pada produk ETF yang terdaftar pada BEI :
  1. Mudah dan Fleksibel, karena dapat dibeli dan dijual kapanpun selama jam perdagangan bursa
  2. Rendah Biaya dan Resiko, karena management fee relatif lebih rendah dibanding dengan reksa dana serta biaya transaksi ETF di pasar sekunder sesuai dengan komisi broker. Resiko rendah karena likuditas terjamin
  3. Cakupan Luas, karena dengan memiliki 1 ETF maka sama dengan memiliki puluhan saham-saham unggulan. ETF yang ditawarkan juga bervariatif
  4. Transparan, karena seluruh informasi mengenai ETF dan saham-sahamnya dapat diakses kapanpun dan dimanapun.
  5. Dapat Dividen, dengan membeli ETF berhak mendapatkan dividen dari saham pembentuk portofolionya. Untuk pembagian dividen dikembalikan kepada kebijakan manajer investasi untuk dibagikan atau direinvestasikan
  6. Murah, dengan Rp 10.000 sudah bisa membeli ETF

Cara Membeli ETF di IPOT

Untuk membeli ETF melalui sekuritas IndoPremier bisa melalui aplikasi mobile IPOT ataupun aplikasi IPOT for Windows. Saat ini ada 27 produk ETF  yang bisa dibeli melalui IndoPremier, untuk detailnya bisa cek pada menu ETF List di aplikasi IPOT. Dan berikut ini adalah cara membeli produk ETF menggunakan aplikasi IPOT :
  • Pastikan sudah menggunakan aplikasi IPOT versi terbaru
  • Silahkan log in ke aplikasi
  • Pilih menu "PRO"
  • Pilih menu ETF
  • Pilih menu "Subscription", lalu masukkan kode ETF dan nominal lot yang dibeli.
  • Klik "Submit" maka orderan akan masuk ke antrian pembelian
Demikian informasi bagaimana cara beli ETF di IPOT, jika masih memiliki pertanyaan terkait hal ini silahkan hubungi customer servce IPOT atau menghubungi melalui direct message ke akun resmi IndoPremier di sosial media seperti Instagram ataupun Twitter.

Referensi :
https://www.idx.co.id/data-pasar/data-exchanged-traded-fund-etf/

Posting Komentar untuk "Cara Beli ETF di IndoPremier"