Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menebus Right Issue Ipot

Cara Menebus Right Issue Ipot

zonakeuangan.com - Pada artikel berikut ini, zonakeuangan.com akan memberikan informasi bagaimana cara menebus right issue melalui aplikasi mobile IPOT (Indo Premier Sekuritas) baik Android ataupun IOS. Right Issue juga dikenal dengan sebutan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD).

Mengutip Keputusan Ketua Badan Pengawas Pasar Modal No. KEP-26/PM/2003, Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) adalah hak yang melekat pada saham yang memungkinkan para pemegang saham yang ada untuk membeli Efek baru, termasuk saham, Efek yang dapat dikonversikan menjadi saham dan warrant, sebelum ditawarkan kepada Pihak lain. Hak tersebut wajib dapat dialihkan.
Beda warrant dan right issue adalah jika right memiliki jangka waktu yang lebih singkat pada umumnya yaitu kurang lebih 1 (satu) minggu. Sedangkan untuk warrant biasanya sudah melekat dengan saham saat pertama kali IPO dan bisa dikatakan sebagai "bonus" saat membeli saham IPO serta memiliki jangka waktu menengah yaitu 2-3 tahun.

Sekuritas Indo Premier (IPOT) merupakan salah satu sekuritas yang menawarkan pembukaan rekening saham dengan full secara online tanpa harus datang ke kantor cabang ataupun mengirimkan dokumen fisik. Selain pendaftaran akun IPOT dilakukan secara full online, sekuritas ini juga menawarkan tanpa minimum deposit sehingga dengan dana Rp 100.000 saja Anda sudah bisa mulai berinvestasi saham, reksadana dan ETF.

Cara Membeli HMETD di IPOT

Sebelum menebus right issue pastikan terlebih dahulu dana pada kas Anda cukup untuk melakukan pembelian. Jika dana kurang silahkan lakukan transfer dana dari rekening ke rekening RDN Anda dahulu. 

1. Berikut adalah cara beli saham right issue pada aplikasi IPOT

2. Pastikan terlebih dahulu aplikasi IPOT pada smartphone Anda merupakan versi yang paling baru

3. Buka aplikasi, lalu login dan login PIN terlebih dahulu

4. Buka menu member area yang terletak pada pojok kanan atas layar (icon orang)

member area IPOT


5. Pilih "Exercise Right/Waran"

cara beli saham right issue ipot

Baca Juga : Cara Buka Akun IPOT Syariah
6. Pilih rights/waran yang ingin ditebus. Saham right issue biasanya berkode XXXX-R (Contoh saham right issue Bank BRI maka akan berkode BBRI-R).

7. Masukkan berapa lembar yang ingin ditebus. Pastikan jumlah lembar yang ditebus adalah kelipatas 100 lembar atau 1 (satu) lot.

8. Centang pada kolom persetujuan

9. Klik Submit, lalu akan muncul informasi seperti Customer Code, Stock Code, Harga per lembar, Jumlah Lembar dan Total Biaya Tebus. Klik "OK" maka akan muncul keterangan bahwa saham right issue sudah berhasil ditebus. 

Cara Membeli HMETD di IPOT

Yang perlu diketahui saham right issue yang berhasil ditebus akan muncul pada portofolio pada T+2 hari kerja bursa berikutnya.

Jika memiliki saham right issues dibawah 1 (satu) lot / 100 lembar, Anda bisa menebus ataupun menjual saham tersebut pada pasar negosiasi. Untuk menjual saham di pasar nego, dapat menggunakan aplikasi IPOT on Windows ke menu Tool - Message - Contact - CRO-1370 dengan mencantumkan :
  • Kode Saham
  • Kuantitas :... lembar
  • Harga
  • Klik Send

Demikian informasi bagaimana cara menebus saham right issue pada aplikasi mobile IPOT, semoga bermanfaat. Jika memiliki kendala ataupun pertanyaan silahkan hubungi customer service Indo Premier di nomor 021 50887200 & 50860608 atau kirim email ke support@indopremier.com, atau bisa kirim pesan whatsapp ke nomor 0811 919 7200.

Posting Komentar untuk "Cara Menebus Right Issue Ipot"