Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tabel Angsuran KUR BRI 2021

KUR BRI

zonakeuangan.com - Pada artikel berikut ini, zonakeuangan.com akan memberikan informasi terkait tabel angsuran KUR (Kredit Usaha Rakyat) dari Bank Rakyat Indonesia atau Bank BRI di tahun 2021. Dengan mengetahui informasi tentang simulasi cicilan terlebih dahulu, diharapkan kalian bisa dapat mendapatkan gambaran berapa angsuran yang harus disiapkan setiap bulannya ketika memutuskan mengajukan kredit ini.

KUR atau kredit usaha rakyat merupakan pembiayaan kredit bagi para pelaku UMKM yang membutuhkan tambahan dana usaha baik untuk menambah modal ataupun memperbesar skala bisnisnya namun dengan suku bunga yang sangat ringan. Suku bunga KUR yang ditentukan oleh Pemerintah pada tahun 2021 adalah sebesar 6% per tahun, masih sama seperti suku bunga KUR pada tahun 2020 lalu.

Bank BRI sebagai salah satu bank BUMN milik Pemerintah Indonesia pada tahun ini menyalurkan 4 (empat) jenis KUR, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan calon debitur. Keempat jenis KUR tersebut adalah sebagai berikut :
  1. KUR Super Mikro
  2. KUR Mikro
  3. KUR Ritel / Kecil
  4. KUR TKI

KUR Supermikro

KUR Supermikro pertama kali dikenalkan pada tahun 2020 lalu dikhususkan bagi para perlaku usaha mikro yang terdampak pandemi Covid-19. Plafon pinjaman mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 10 juta dengan suku bunga pinjaman 6% per tahun. Sedangkan untuk angsuran bisa dicicil mulai dari 12 hingga 36 bulan.

KUR Mikro

KUR Mikro memiliki plafon pinjaman mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 50 juta, sedangkan untuk suku bunga dan tenor pinjaman sama seperti pada KUR Supermikro yaitu suku bunga 6% per tahun dan dapat diangsur hingga 36 bulan.

KUR Ritel / Kecil

KUR Ritel atau KUR Kecil merupakan kredit modal kerja atau investasi yang diberikan kepada debitur yang mempunyai usaha produktif dan layak dengan plafon pinjaman mulai dari Rp 50 juta hingga Rp  500 juta per debitur. Untuk suku bunga pinjaman sebesar 6% per tahun dan tenor pinjaman hingga 60 bulan.

KUR TKI

KUR TKI adalah kredit yang diberikan kepada TKI untuk pembiayaan yang menjadi tanggung jawabnya dalam proses penempatan bekerja di luar negeri. KUR TKI BRI memiliki plafon pinjaman hingga Rp 25 juta dengan maksimum pinjaman hingga 3 (tiga) tahun. Suku bunga KUR TKI sebesar 6% efektif per tahun dan tidak dikenakan biaya administrasi dan provisi. 

Untuk KUR TKI ini bisa diajukan jika penempatan di  Singapura, Hong Kong, Taiwan, Brunei, Jepang, Korea Selatan, dan Malaysia.

Persyaratan Pengajuan KUR BRI

  1. Individu / badan usaha
  2. Memiliki usaha yang telah berjalan minimal 6 (enam) bulan, atau
  3. Menjalankan usahanya di salah satu platform e-commerce seperti Shopee, Tokopedia. Atau penyedia ride hailing (Gojek atau Grab)
  4. Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan Kartu Kredit
Sedangkan untuk persyaratan administrasi yang harus disiapkan antara lain :
  • Paspoto Suami / Istri ukuran 4x6
  • Fotokopi KTP Suami Istri
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Fotokopi Buku Nikah
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi Agunan / Jaminan seperti Sertifikat Tanah (SHM/SHGB), PBB dan IMB Khusus Jaminan Tanah / Bangunan. Dan BPKB serta STNK untuk jaminan kendaraan
  • Surat Keterangan Usaha dari Kelurahan / Kecamatan ataupun SIUP-TDP / NIB, atau
  • Surat keterangan yang diterbitkan oleh e-commerce atau ride hailing
  • Dokumen pendukung sesuai permintaan bank

Tabel Angsuran KUR BRI 2021

Tabel Angsuran KUR Supermikro BRI 2021
Tabel Angsuran KUR Supermikro BRI 2021

Tabel Angsuran KUR Mikro BRI 2021
Tabel Angsuran KUR Mikro BRI 2021

Tabel Angsuran KUR Mikro BRI 2021
Tabel Angsuran KUR Ritel BRI 2021
Demikian informasi terkait tabel angsuran KUR BRI tahun 2021 beserta persyaratan pengajuan baik syarat dan ketentuan serta dokumen pengajuan kredit. Jika tertarik mengajukan pinjaman ini, silahkan kunjungi kantor cabang terdekat atau bisa juga mengajukan secara online melalui tautan berikut : https://kur.bri.co.id/register/.

Posting Komentar untuk "Tabel Angsuran KUR BRI 2021"